Sabtu, 26 November 2011

Diet Kolin memperlambat Penuaan Otak

Klikdokter.com - Kolin atau Choline merupakan nutrisi larutan esensial yang merupakan kelompok dari keluarga vitamin B yang terbukti membantu melindungi otak dari efek penuaan seperti dikemukakan dalam penelitian terbaru dari asupan kolin oleh peneliti dari Boston University, Amerika Serikat.

Penelitian ini menemukan bahwa terjadi perubahan otak pada manusia usia lanjut dengan asupan kolin yang tinggi terhadap kualitas memori yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang lebih muda. Hal ini juga dikarenakan dukungan faktor komposisi yang tepat dan seimbang.

Kolin dapat ditemukan dalam ayam, telur, ikan air asin, dan kacang-kacangan seperti kacang merah. Dengan asupan makanan mengandung nutrisi kolin yang seimbang, dapat terlihat juga pengaruh pada pembuluh darah di otak melalui scan otak MRI yang tidak menunjukkan daerah putih yang biasanya merupakan daerah tempat terjadinya resiko stroke maupun demensia.

Dimana penemuan dalam scan otak MRI ini mampu menunjukkan perbedaan siknifikan pada otak yang tidak mengkonsumsi nutrisi kolin secara cukup seperti diungkapkan oleh Dr. Rhoda Au selaku peneliti senior dalam studi yang dilansir Dailymail Heath (24/11). Ia juga mengingatkan bahwa dengan kekurangan nutrisi kolin, akan semakin meningkatkan resiko mempercepat kelupaan, penurunan mental, dan kemampuan kognitif bahkan terhubungkan dengan penyakit Alzheimer.

Para ilmuan sependapat bahwa asupan nutrisi kolin sebaiknya sebanyak 500mg per hari untuk pria dan 425mg per hari untuk wanita. Untuk itu, salah satu upaya dalam menambah asupan kolin dalam tubuh yaitu misalnya dengan rajin memakan telur untuk sarapan 1 kali sehari dengan cara di rebus sebagai usaha mencegah tambahan kolesterol yang tidak diinginkan.

Karena berdasarakan penelitian terakhir mengungkapkan bahwa kolesterol pada makanan bukanlah sebagai ancaman langsung terhadap penyakit jantung, namun lebih pada lemak jenuh. Sehingga anjuran untuk membiasakan sarapan dengan telur, kembali marak diadakan karena telur terbukti mengandung banyak nutrisi bagi tubuh termasuk 64% vitamin D, 7gr protein kualitas tinggi, 5gr lemak, zat besi, karotein, juga vitamin dan mineral lainnya.[](E)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar